Selasa, 02 Mei 2017

Jenis-jenis Subtitling

Gottlieb (1998: 247) membagi subtitling menjadi dua jenis,

1. Intralinguistik

Intralinguistik merupakan bentuk subtitling yang sesuai dengan bahasa asli. Bentuk subtitling ini biasanya digunakan dalam program-program televisi lokal yang ditujukan kepada pemirsa yang memiliki gangguan pendengaran atau sejenisnya yang juga digunakan pada program bahasa asing untuk pembelajar bahasa. Subtitling ini dikatakan bersifat vertikal karena hanya menuangkan informasi lisan dalam bentuk teks.

2. Interlinguistik

Yang membedakannya dari intralinguistik adalah subtitling interlinguistik melibatkan dua bahasa dalam prosesnya, yaitu bahasa asli yang dituangkan dalam bentuk bahasa sasaran. Dengan kata lain, penutur mengucapkan bahasa sumbernya, lalu subtitling menampilkan teks dalam bahasa sasaran. Oleh karena itu, jenis subtitling ini bersifat diagonal.

Sementara itu, O’ Connell (2007: 125-126) mengklasifikasikan subtitling berdasarkan sisi teknisnya menjadi dua jenis, yaitu:

1. Closed subtitling

Jenis ini pada umumnya digunakan untuk memfasilitasi penyandang tuna rungu atau sejenisnya dalam mendapatkan informasi. Oleh sebab itu, subtitle jenis ini cenderung lebih berupa ringkasan dengan beberapa penjelasan jika dibandingkan dengan subtitle biasa.

2. Open subtitling

Open subtitle adalah jenis subtitle yang biasa dijumpai pada film-film ataupun program-program televisi. Mengapa dikatakan sebagai open? Itu dikarenakan konsumen dari film atau program televisi tersebut bisa memilih untuk menampilkan atau menghilangkannya. Jenis ini digunakan untuk menerjemahkan film-film dari luar negeri yang ditayangkan di bioskop atau banyak beredar di kaset vcd maupun dvd di pasaran.



Daftar Pustaka

Gottlieb, Henrik (1997): You Got the Picture- On the Polysemiotics of Subtitling Wordplay. In Dirk Delabastita (ed) Essays on Punning and Translation. Manchester: St.Jerome: 206-232.
  
O’Connell, Eithne (2007): Screen Translation in A Companion to Translation Studies Journal: 120-133.



0 komentar:

Posting Komentar